Posted by: pariwaraku | August 2, 2011

KANDUNGAN GIZI DALAM KIWI

Siapa yang tak kenal buah kiwi (actinidia deliciosa)?. Bentuk, warna serta tekstur buah ini begitu unik, sehingga sangat mudah untuk membedakan buah yang satu ini dengan yang lain.

Dikenal pula dengan sebutan “Chinese Goosebery”, buah yang disebut-sebut berasal dari negeri Tirai Bambu ini yang bukan hanya dapat dikonsumsi langsung, tetapi juga kerap dijadikan hiasan makanan. Kandungan gizi yang dikandungnya pun begitu penting bagi manusia.

Diperkenalkan pertama kali pada awal abad ke-20 oleh Isabel Fraser yang membawa bibit buah tersebut ke Selandia Baru sepulang dari China, boleh jadi sejak saat itu dunia menjadi semakin tahu jika kiwi mengandung vitamin C (sekitar 74 miligram untuk yang berukuran sedang) yang antioksidan dalam vitamin tersebut penting untuk menekan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, kiwi pun dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin E, demikian pula dengan kalium yang menurut beberapa penelitian dinilai mampu mencegah timbulnya stroke dan jantung koroner. Hal ini dimungkinkan karena di dalam tubuh kalium berperan membuat jantung dapat berdenyut teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan sel, dan mengatur tekanan darah.

Rasa buah kiwi inipun cukup unik –manis bercampur sedikit asam- mampu memberikan kesegaran tersendiri saat dikonsumsi. Patut diketahui, buah kiwi ini bisa disajikan ke dalam berbagai olahan, seperti pudding, pie, esd krim, kue tar atau yoghurt, bahkan sekedar dijadikan penghias makanan atau minuman.

Seperti halnya jenis buah-buahan yang lain, sebaiknya buah ini dikonsumsi saat masih segar karena kandungan gizi yang ada didalamnya belum hilang. Hanya saja buah ini harganya masih relative mahal sehingga tak banyak orang yang mengonsumsi kiwi dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Kompas, Selasa, 2 Agustus 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: