Posted by: pariwaraku | August 5, 2011

KIAT MENJAGA PENDENGARAN

Agar fungsi organ pendengaran senantiasa optimal, kita harus disiplin menjaganya dan sebisa mungkin mencegah perilaku yang mengancam kesehatannya.

Ada beberapa kiat sederhana untuk menjaga organ pendengaran. Semisal, mencegah atau mewaspadai penyakit batuk atau pilek berkepanjangan, infeksi saluran pernapasan (ISPA), malaria, diabetes, dan gondong.

Pola makan juga harus dijaga, seperti menghindari mengonsumsi obat-obatan. Sebaiknya, tanyakan pada dokter efek samping obat yang hendak dikonsumsi.

Selanjutnya, jangan membiasakan diri dengan suara yang bising seperti mesin atau volume music yang tinggi. Bila harus bekerja di lingkungan yang bising, gunakan pelindung telinga.

Saat membersihkan telinga, berhati-hatilah saat menggunakan cotton bud dan jangan memakai benda tajam. Bila telinga tersumbat kotoran, dianjurkan untuk pergi ke dikter THT agar dapat dibersihkan dengan peralatan yang benar.

Bagi pasien gangguan pendengaran, jangan berkecil hati. Sekarang sudah tersedia alat bantu pendengaran yang dapat meringankan masalah tersebut.

Bermasalah dengan pendengaran dapat diperiksa dengan menggunakan alat, seperti video otoscopy, audiometric, dan timpanometri.

Sumber: Kompas, Jumat, 5 Agustus 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: