Posted by: pariwaraku | August 24, 2011

LEMARI ES ANDA BAU? INI SOLUSINYA

Pernahkah anda membuka lemari es dan langsung diserang bau menyengat dari dalam? Jika pernah, tak perlu heran, apalagi jika anda termasuk orang yang hobi menyimpan segala macam makanan secara sembarangan di lemari es.

Fungsi utama lemari es memang untuk menyimpan berbagai bahan makanan, namun bukan berarti anda bisa asal menyimpan aneka makanan ke dalamnya. Tak sedikit kejadian akibat terlalu banyak sisa makanan yang dimasukkan, anda lupa pernah menyimpan makanan tertentu yang kondisi akhirnya rusak dan berbau.

Jika anda termasuk pengguna lemari es seperti di atas, ada baiknya mulai merawat si lemari pendingin ini. Caranya mudah, anda bisa melakukannya secara rutin kira-kira satu minggu sekali.

TRIK

Membersihkan lemari es tak sulit asalkan anda tahu triknya. Pertama, sebelum mulai membersihkan, pastikan bahwa anda telah mencabut steker lemari es dari sumber listrik. Lalu, bukalah pintu lemari es dan mulai mengosongkannya hingga tuntas.

Keluarkan semua rak dan laci yang ada, lalu cucilah dengan sabun. Gosoklah sampai bersih lalu keringkan dengan lap. Untuk lemari pembeku, tunggulah sampai es yang ada mencair seluruhnya, jangan menggunakan benda tajam untuk membersihkan lapisan es, karena dapat merusak dinding lemari es. Setelah itu bersihkan dinding bagian dalam lemari es seluruhnya dengan kain lembut. Jika sudah bersih, pasanglah kembali semua rak dan laci ditempatnya semula.

Kemudian, masukkan kembali isi lemari es. Namun kali ini pilihlah apa yang masih layak untuk disimpan. Jangan ragu-ragu untuk membuang bahan makanan bila telah melewati masa kedaluwarsa atau terlihat sudah berjamur dan bau.

Kelompokkan bahan makanan yang ada di lemari es anda dan letakkan pada tempatnya masing-masing. Contohnya bumbu dapur sebaiknya diletakkan di pintu lemari es, sayuran dan buah sebaiknya diletakkan di laci khusus sayur dan buah yang biasanya terletak paling bawah, sedangkan susu dan keju lebih tepat bila diletakkan di bagian paling atas.

Makanan kemasan yang telah dibuka sebaiknya jangan disimpan terlalu lama di lemari es. Jika anda ingin menyimpan sisa makanan yang belum habis, taruhlah dalam wadah yang ditutup rapat. Berilah label tanggal pembelian pada kantung sayur atau buah dan juga wadah-wadah makanan yang lain untuk mengetahui usia bahan makanan. Anda juga dapat menempelkan daftar bahan makanan yang ada di dalam tepat di depan pintu lemari es.

Sumber: Kompas, Rabu, 24 Agustus 2011

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: