Posted by: pariwaraku | September 6, 2011

AYO MANFAATKAN BARANG BEKAS

Setiap kali mendengar kata barang bekas, yang terbayang adalah barang yang sudah tidak dapat dipakai lagi dan layak untuk dibuang. Padahal, tidak seperti itu.

Banyak hal yang masih bisa dimanfaatkan dari barang yang berpredikat “bekas” tersebut, terutama dari barang-barang yang tidak mudah hancur, seperti plastik.

Botol bekas air mineral contohnya. Botol yang terbuat dari plastik ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, antara lain tempat pensil atau vas bunga.

Caranya pun mudah, anda hanya perlu memotong 1/4 bagian atasnya. Pada 3/4 bagian yang tersisa, anda bisa menutupnya dengan kertas hias, tali kur atau pita beraneka warna. Agar lebih cantik, anda bisa menghias tempat pensil tersebut dengan aneka daun atau bunga imitasi. Bahkan, anda juga bisa memberinya nama dari tali kur dengan warna yang berbeda tentunya.

Bahkan, jika kreatif, dengan bantuan gunting, anda bisa membentuk plastik dari botol atau gelas mineral tadi menjadi kelopak bunga dan merangkainya menjadi tanaman “plastik” dalam satu vas. Agar lebih menarik, anda pun bisa memberikan warna-warna yang atraktif.

Selain botol bekas air mineral, anda juga bisa memanfaatkan plastik bekas detergen atau isi ulang pelembut pakaian. Bahan plastiknya yang kuat dengan warna-warna yang memikat mata, membuatnya cocok dijadikan tas belanja atau payung. Tentu saja dibutuhkan keahlian menjahit di sini. Jika anda pandai merancang, plastik bekas detergen ini juga dapat dijadikan tas laptop yang atraktif.

Koran atau kalender bekas pun bisa menjadi aneka kerajinan tangan yang cantik. Bila anda memerlukan petunjuk, di beberapa toko buku ada yang menjual buku kerajinan tangan yang memang memanfaatkan barang bekas sebagai bahan dasarnya.

Delain dengan mengurangi jumlah sampah, dengan memanfaatkan barang bekas ada banyak hal positif yang bisa didapat.Sumber: Kompas, 5 September 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: