Posted by: pariwaraku | September 9, 2011

KEPULAUAN TOGEAN YANG MEMIKAT

Wilayah perairan yang luas membuat negeri ini sepatutnya bersyukur atas kekayaan laut yang begitu melimpah. Bukan cuma itu, fakta tersebut juga berarti bahwa Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang begitu besar untuk digarap.

Di Sulawesi saja, kita mengenal Bunaken di Sulawesi Utara dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara yang menjadi contoh tempat yang menawarkan pemandangan serta pengalaman wisata yang berkesan. Selain itu, masih ada tempat lain yang tak kalah menarik. Sebut saja Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah. Tepat berada di tengah Teluk Tomini, Kepulauan Togean menjanjikan sebuah cinta pada pandangan pertama pada keindahan pulau-pulau karang di kawasan tersebut.

Ada tujuh pulau besar di kepulauan tersebut, yaitu: Pulau Batudaka, Talatakoh, Waleakodi, Waleabahi, Una-una, Lawangke, dan Togean. Sementara itu, pulau-pulau kecil diantaranya adalah Kadidiri, Tanjung Keramat, Dolong, Wakai, Kabalutan, Katupat, dan Papan. Secara keseluruhan, ada lebih dari 60 pulau besar dan kecil di Togean, dan secara administratif, pulau-pulau tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togean juga memiliki keanekaragaman biota laut dan terumbu karang yang tidak hanya indah, tetapi juga langka dan endemik. Hisil Marine Rapid Assessment Program (RAP), misalnya, mencatat 262 spesies karang yang tergolong ke dalam 19 familia pada 25 titik terumbu karang yang tersebar di Kepulauan Togean.

Marine RAP juga mencatat adanya jenis karang endemik Togean, yaitu Accropora togeanensis, di 11 titik pengamatan terumbu karang. Ada pula enam jenis karang baru yang ditemukan di kepulauan ini, masing-masing satu jenis dari genus Acropora, Porites, leptoseris, Echinophyllia, dan dua jenis dari genus Galaxea.

Sementara itu, jenis ikan terumbu karang tercatat mencapai 596 spesies yang termasuk dalam 62 familia. Jenis Paracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp diduga kuat merupakan endemik yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Togean. (Kompas, 16 Agustus 2011)

Di sisi lain, Kepulauan Togean disebut-sebut sebagai satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda pada satu kawasan yang sama. Lingkungan karang tersebut adalah karang atol, karang barier, dan karang pantai yang semua menjadi habitat dari flora dan fauna laut.

Sumber: Kompas, Jumat, 9 September 2011

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: