Posted by: pariwaraku | September 19, 2011

HIJAUKAN AREA RUMAH

Hobi bercocok tanam banyak diyakini bermanfaat mengusir stres dan menghilangkan rasa suntuk. Yang dimaksud dengan hobi ini adalah bukan dalam konteks kegiatan pertanian, melainkan kegiatan yang memanfaatkan lahan kosong di halaman, dinding, dan atap rumah.

Di sisi lain, dari bercocok tanam mampu mempercantik rumah anda dengan nuansa hijau segar dari variasi tanaman. Kini, kegiatan ini tak hanya menjadi milik orang tua, namun anak muda pun banyak yang menggiati.

Anda tidak usah membayangkan bahwa hobi bercocok tanam identik dengan mengoleksi tanaman hias berharga mahal. Pasalnya, anda bisa menyiasatinya dengan tanaman buah yang ditanam di pot (berskala mini), tanaman bunga, sayur, atau tanaman hias yang menjadi pilihan menarik yang terjangkau kocek.

Hobi satu ini pun terbilang cukup simpel dan tidak merepotkan. Pasalnya kini, beragam pupuk olahan instan dan media tanam banyak di jual di pedagang tanaman. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan lahan apakah hendak menanam langsung di tanah, memakai pot, atau dengan cara merambat di dinding, pagar, dan atap rumah.

Yang patut diingat, anda jangan hanya tergiur warna dan keindahan tanaman semata. Sebaiknya anda tahu betul cara perawatannya, kebutuhan air dan pupuk, dan kemampuan si tanaman beradaptasi di iklim tropis. Oleh karena itu, jangan segan-segan untuk bertanya kepada si penjual tanaman.

Sebagai contoh tanaman yang tahan dalam kondisi kering seperti aloevera, adenium, dan teh-tehan. Sebagai penutup tanah, anda bisa mencoba menggunakan rumput gajah mini.

Meskipun hobi ini cukup simpel, bukan berarti anda mengabaikan proses perawatannya. Misalnya saja, rajin menyiram dan menyianginya, serta mencabut gulma yang kerap menumpang tanaman pot anda.

Khusus untuk menyiram, saat di musim kemarau, lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pasalnya, pada kedua waktu tersebut, tanaman membutuhkan asupan untuk berkembang paling banyak di banding waktu lainnya. Sedangkan pada musim hujan, cukup lakukan penyiraman hanya ketika tanah mulai terlihat mengering.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang teknik penanaman, anda bisa menemukannya di majalah atau buku bahkan internet yang berisi tips bercocok tanam. Jadi tak perlu ragu untuk memulai hobi seru tersebut. Siapa tahu dari sekedar hobi justru bisa meraih peluang bisnis.

Sumber: Kompas, Senin, 19 September 2011

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: